Pembagian Media Dan Sumber Belajar
SUMBER BELAJAR# MEDIA PEMBELAJARAN
Abdul wahab rosyidi (2009;41-44) menjelaskan tetang pembagian media dan sumber belajar yaitu:
Pertama : media dengar , alat bantu dengan media pembelajaran bahasa
asing yang menuntun pembelajaran untuk mengunakan indra pendengaran secara
dominan, diantaranya adalah radio,tape recorder,ataupun alat musik tertentu.
Pemanfaatan radio dalam pembelajaran bahasa arab dapat berfungsi untuk
menunjang pemantapan dari pelajaran yang diperoleh dari sekolah,akan tetapi
tampaknya radio belum menjadi pilihan pertama disekolah-sekolah kita untuk
menjadi media pembelajaran bahasa, salah asatu sebabnya adalah sulitnya
mengakses siaran radio berbahasa arab . alternatif kedua dari media audio
adalah kaset dan tape recorder,yang bila dibandingkan dengan radio ,memiliki
keunggulan tersendiri karena beberapa aspek pengajaran bias lebih terkendali.
Pengajar dapat meemilih materi rekaman yang sesuai dengan tujuan
pembelajaran,tingkat penguasaan siswa,topic pembelajaran maupun target
keterampilan tertentu yang ingin dicapai.
Kedua : media pandang/visual aids; jenis media ini cendrung lebih mudah
pengadaan nya karena bias dibuat atau dipilih dari bahan-bahan yang relative
mudah didapat dan sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari,sedangkan
harganya pun tidak terlalu mahal atau bahkan terkadang tidak memerlukan biaya
sama sekali, seperti hal nya : papan tulis,benda peraga,gambar dan foto,serta
kartu dan sejenisnya.
Ketiga : alat bantu pandang dengar, jenis media ini dapat di kelompokkan
menjadi tiga kelompok besar,yaitu benda sesungguhnya (real objects), benda mini
(miniatures),dan benda khusus. Benda sesungguhnya adalah benda-benda yang
bisa di pergunakan dalam kehidupan
sehari-hari dan cukup praktis untuk dibawa ke sekolah. Gebhard (1996:101)
memberikan contoh seperti sisir, gunting, sikat gigi, balon, lilin, toples
kopi, payung, topi peralatan makanan, alat tulis dan lain-lain. Sedangkan benda
mini adalah barang-barang buatan pabrik yang biasa nya digunakan untuk
peralatan anak-anak ,misalnya mobil-mobilan,beragam binatang yang terbuat dari
plastik, beragam peralatan perang, alat-alat memasak dan minuman, atau telepon
mainan.
Gambar dan foto merupakan contoh alat
bantu pandang yang berguna untuk membantu siswa
memahami konsep tertentu yang ingin dikenalkan oleh guru, baik itu
merupakan gambar tiruan benda, kegiatan, tokoh-tokoh penting, maupun situasi.
Kegunaan alat ini untuk membantu memudahkan siswa membuat pertanyaan, menjawab
pertanyaan, maupun memahami isi wacana. Lisan maupun tulis. Kartu juga
merupakan alat bantu yang menggunakan indra penglihatan paling dominan. Kartu
sering kali dimanfaatkan guru untuk memberi penguatan pada siswa (drilling)
mengenai suatu konsep bahasa tertentu ataupun untuk memberi kesempatan siswa
mempraktikkan aspek bahasa yang sudah dikenal oleh guru.
: D. Cara Memilih Media Pembelajaran Yang Cocok
Dalam Pembelajaran Bahasa Arab
Secara ringkas, Soeparno
(1987:10) dalam abdul wahab rosyidi (2009)
mengenalkan bagaimana cara
memilih media sebagai berikut:
1. Hendaknya
mengetahui krakteristik setiap media.
2. Hendaknya
memilih media yang sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai.
3. Hendak nya
memilih media yang sesuai dengan metode yang kita pergunakan.
4. Hendak nya
memilih media yang sesuai dengan materi yang akan dikomunikasikan.
5. Hendak nya
memilih media yang sesuai dengan keadaan siswa, jumlah, usia, maupun
tingkat pendidikannya.
6. Hendak nya
memilih media yang sesuai dengan situasi kondisi lingkungan tempat
media dipergunakan.
7. Janganlah
memilih media dengan alasan barang tersebut baru atau barang tersebut
Satu-satunya yang kita miliki.[1]
Namun demikian juga harus menjadi
pertimbangan dalm memilih dan menentukan media pembelajaran, atau memperhatikan
bagaimana kecocokan media yang akan digunakan dari sudut kemampuan media media
itu untuk menyampaikan komunikasi yang diinginkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar