Jumat, 13 Mei 2022

Pembagian Media Dan Sumber Belajar

Pembagian Media Dan Sumber Belajar

SUMBER BELAJAR# MEDIA PEMBELAJARAN

Abdul wahab rosyidi (2009;41-44) menjelaskan tetang pembagian media dan sumber belajar yaitu:

Pertama : media dengar , alat bantu dengan media pembelajaran bahasa asing yang menuntun pembelajaran untuk mengunakan indra pendengaran secara dominan, diantaranya adalah radio,tape recorder,ataupun alat musik tertentu. Pemanfaatan radio dalam pembelajaran bahasa arab dapat berfungsi untuk menunjang pemantapan dari pelajaran yang diperoleh dari sekolah,akan tetapi tampaknya radio belum menjadi pilihan pertama disekolah-sekolah kita untuk menjadi media pembelajaran bahasa, salah asatu sebabnya adalah sulitnya mengakses siaran radio berbahasa arab . alternatif kedua dari media audio adalah kaset dan tape recorder,yang bila dibandingkan dengan radio ,memiliki keunggulan tersendiri karena beberapa aspek pengajaran bias lebih terkendali. Pengajar dapat meemilih materi rekaman yang sesuai dengan tujuan pembelajaran,tingkat penguasaan siswa,topic pembelajaran maupun target keterampilan tertentu yang ingin dicapai.

 

Kedua : media pandang/visual aids; jenis media ini cendrung lebih mudah pengadaan nya karena bias dibuat atau dipilih dari bahan-bahan yang relative mudah didapat dan sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari,sedangkan harganya pun tidak terlalu mahal atau bahkan terkadang tidak memerlukan biaya sama sekali, seperti hal nya : papan tulis,benda peraga,gambar dan foto,serta kartu dan sejenisnya.

 

Ketiga : alat bantu pandang dengar, jenis media ini dapat di kelompokkan menjadi tiga kelompok besar,yaitu benda sesungguhnya (real objects), benda mini (miniatures),dan benda khusus. Benda sesungguhnya adalah benda-benda yang bisa  di pergunakan dalam kehidupan sehari-hari dan cukup praktis untuk dibawa ke sekolah. Gebhard (1996:101) memberikan contoh seperti sisir, gunting, sikat gigi, balon, lilin, toples kopi, payung, topi peralatan makanan, alat tulis dan lain-lain. Sedangkan benda mini adalah barang-barang buatan pabrik yang biasa nya digunakan untuk peralatan anak-anak ,misalnya mobil-mobilan,beragam binatang yang terbuat dari plastik, beragam peralatan perang, alat-alat memasak dan minuman, atau telepon mainan.

         Gambar dan foto merupakan contoh alat bantu pandang yang berguna untuk membantu siswa  memahami konsep tertentu yang ingin dikenalkan oleh guru, baik itu merupakan gambar tiruan benda, kegiatan, tokoh-tokoh penting, maupun situasi. Kegunaan alat ini untuk membantu memudahkan siswa membuat pertanyaan, menjawab pertanyaan, maupun memahami isi wacana. Lisan maupun tulis. Kartu juga merupakan alat bantu yang menggunakan indra penglihatan paling dominan. Kartu sering kali dimanfaatkan guru untuk memberi penguatan pada siswa (drilling) mengenai suatu konsep bahasa tertentu ataupun untuk memberi kesempatan siswa mempraktikkan aspek bahasa yang sudah dikenal oleh guru.

 :                                                                                                                                                 D. Cara Memilih Media Pembelajaran Yang Cocok Dalam Pembelajaran Bahasa Arab

 

              Secara ringkas, Soeparno (1987:10) dalam abdul wahab rosyidi (2009)   mengenalkan bagaimana cara memilih media sebagai berikut:

 

1. Hendaknya mengetahui krakteristik setiap media.

2. Hendaknya memilih media yang sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai.

3. Hendak nya memilih media yang sesuai dengan metode yang kita pergunakan.

4. Hendak nya memilih media yang sesuai dengan materi yang akan dikomunikasikan.

5. Hendak nya memilih media yang sesuai dengan keadaan siswa, jumlah, usia, maupun

    tingkat pendidikannya.

6. Hendak nya memilih media yang sesuai dengan situasi kondisi lingkungan  tempat 

    media dipergunakan.

7. Janganlah memilih media dengan alasan barang tersebut baru atau barang tersebut

    Satu-satunya yang kita miliki.[1]

 

 

         Namun demikian juga harus menjadi pertimbangan dalm memilih dan menentukan media pembelajaran, atau memperhatikan bagaimana kecocokan media yang akan digunakan dari sudut kemampuan media media itu untuk menyampaikan komunikasi yang diinginkan.



[1] Abdul wahab rosyidi,media pembelajaran bahasa arab,2009,hal 37

Tidak ada komentar:

Posting Komentar